Langsung ke konten utama

3 Inti Manfaat Sosial Media Secara Umum

Manfaat sosial media secara umum sangat besar dan cukup signifikan. Apalagi di era milenial seperti saat ini. Dimana semua bertransformasi mengikuti perkembangan jaman menjajal fase digital. Baru-baru ini dikabarkan beberapa pengusaha besar merambah dunia digital dengan mendirikan start up seperti Salim Group dengan i-saku, Lippo dengan Matahari Mall.com dan masih banyak lainnya. Bisa kamu amati dalam infografis dari katadata ini ya!



Dengan berdirinya ‘generasi’ digital, maka sangat besar peranan sosial media yang perlu dimanfaatkan. Ada beberapa inti manfaat sosial media secara umum, dan kamu pasti tahu betul bahwa manfaat sosial media bukan hanya diperlukan oleh mereka para pemilik bisnis olshop saja. Berbagai kalangan membutuhkan sosial media.

Apa saja sih manfaat sosial media? Ini dia 3 intisari manfaat sosial media.

1. Manfaat Sosial Media Sebagai Ruang Sosialisasi
Namanya juga sosial media, jadi manfaat utamanya secara umum pasti untuk bersosialisasi dong! Baik bersosialisasi dengan teman, kerabat, hingga mensosialisasikan produk atau agenda yang diadakan oleh suatu perusahaan, organisasi, lembaga atau instansi. Mulai dari kalangan swasta hingga pemerintahan.

Btw, apa sih arti sosialisasi itu? Menurut wikipedia, arti sosialisasi adalah proses penanaman atau transfer kebiasaan atau nilai dan aturan dari satu generasi ke generasi lainnya dalam sebuah kelompok atau masyarakat. Sejumlah sosiolog menyebut sosialisasi sebagai teori mengenai peranan (role theory).


Dengan sosialisasi yang kamu lakukan di sosial media, berarti kamu mengambil peran dalam menanamkan nilai. Oleh karena itu, kebijakan dalam bersosial media sangat diperlukan. Oia, tentunya dengan sosialisasi akan membuat kamu semakin mengenal lebih dekat kawan dan lawanmu. Secara umum, sosial media bukan hanya dimanfaatkan oleh kepentingan personal individu saja, tapi juga mencakup kebutuhan bagi perusahaan, organisasi, intansi atau lembaga tertentu.

Memanfaatkan sosial media dengan bijak dapat meningkatkan rasa simpatik dan membangun kekuatan branding. Meningkatkan kedekatan dan menciptakan kehangatan. 

2. Manfaat Sosial Media Sebagai Penyalur Informasi
Secara umum, penggunaan sosial media sudah menjadi konsumsi harian yang tidak terpisahkan sehingga berbagai informasi kerap diserap dari sosial media. Dari sini kamu bisa memanfaatkan sosial media sebagai salah satu sumber penyalur informasi. Gak heran deh ya, banyak juga sumber penyedia berita memiliki sosial media.



Buat lembaga, institusi, perusahaan atau lainnya, sosial media bisa jadi sumber informasi yang memadai dalam kacamata yang lebih luas. Kamu bisa melakukan survey pasar untuk melakukan analisis kebutuhan produk atau bahkan untuk mempelajari rival bisnis. Untuk lembaga nonprofit, sosial media bisa banget dimanfaatkan untuk berbagi informasi tentang perkembangan lembaganya dll.

3. Manfaat Sosial Media Untuk Mendulang Keuntungan


Banyak kalangan yang memanfaatkan sosial media untuk mendulang keuntungan. Jumlahnya bagai jamur di lahan yang lembab. Berlimpah. Pada umumnya, mereka dapat memperoleh keuntungan secara real dan langsung seperti berjualan. Bukankah sudah sangat banyak orang berjualan dengan bermodalkan sosial media sebagai lahan sosialisasi, sales atau marketing.

Baik pencarian berupa keuntungan secara real dan langsung seperti berjualan atau berdagang. Maupun mendulang keuntungan untuk menaikan trafik sebuah website. Semua sah-sah saja selama baik dan benar. Oia, salah satu keuntungan lainnya adalah kamu bisa menemukan dan kembali berinteraksi dengan sahabat baik yang sempat hilang kabarnya.

Itulah 3 inti manfaat dari sosial media secara umum. Semua interaksi di sosial media yang jika dimanfaatkan dijalani dengan bijak akan menghasilkan kedekatan emosional dan bersahabat.

Banyak institusi atau lembaga yang juga sangat perlu mengambil manfaat dari keberadaan sosial media, salah satunya adalah KOCCA (Korea Creative Content Agency) Indonesia. Dengan hadir ditengah-tengah masyarakat di sosial media facebook dan instagram, KOCCA ingin semakin dekat dan bersahabat dengan kalian semua para pecinta K-content.


Di sosial media ini, kamu bisa mendapatkan informasi menarik seputar konten kreatif yang dikembangkan Korea. Mulai dari film dramanya yang digandrungi berbagai kalangan, kartunnya yang menyapa anak-anak Indonesia dengan ramah, serta berbagai konten kreatif lainnya.

Yups. Sosial media ini dimanfaatkan oleh KOCCA selaku agen resmi yang bekerjasama dengan pemerintah Indonesia untuk menyentuh kalian agar K-konten dapat tersosialisasikan dengan baik. KOCCA bisa kamu sapa di facebook @koccaindonesia dan IG @kocca_indonesia. Mau dapat info menarik seputar Korea? Di follow saja sosmednya ya! :)

BACA JUGA:
6 Animasi Korea ini Gak Kalah Populer dari KDrama Lho! Yakin Sudah Tahu?!
Seru-Seruan Menari Baby Shark Bersama PinkFong

Komentar

Postingan Populer

Rekayasa Sosial ; Apa dan Bagaimana

Bab I. Pendahuluan Rasanya beragam krisis semakin terasa mewarnai aneka sisi kehidupan, mulai dari krisis sosial, krisis budaya, krisis ekonomi, hingga krisis kepercayaan pada tataran elit politik. Oleh karena itu diperlukan sebuah langkah perubahan guna perbaikan di berbagai bidang. Perubahan itu dapat dimulai dengan melakukan perubahan social, karena hakikat perubahan social tidak terbatas pada ranah atau lingkup social saja, tapi perubahan social ialah pergeseran politik, social, ekonomi dan budaya. Jadi perubahan social melingkupi berbagai aspek kehidupan. picture from : http://kammi-unwir.blogspot.com  Bab II. Isi 1.       Apa Itu Rekayasa Sosial Secara garis besar, perubahan sosial dibagi kedalam dua kategori, yakni perubahan sosial secara terus-menerus dan berlangsung secara perlahan tanpa direncanakan ( unplanned social change ) dan perubahan sosial yang direncanakan tujuan dan strateginya ( planned social change ) yang terkadang disebut dengan istilah social

Si Tayo, Animasi Korea yang Sarat Pembelajaran

“Ayo! Hai Tayo, Hai Tyao dia bis kecil ramah. Melaju, melambat, Tayo selalu senang.(2x) Jalan menanjak, jalan berbelok. Dia selalu berani. Meskipun gelap dia tak sendiri. Dengan teman tak perlu rasa takut. Hai Tayo, Hai Tayo, dia bis kecil ramah. Melaju, melambat, Tayo selalu senang. Hai Tayo, Hai Tayo, dia bis kecil ramah. Dengan teman di sisinya semua senyum ceria. Indahnya hari ini, Mari bergembira.” Itulah lirik lagu Hai Tayo dalam animasi Tayo the Little Bus. Btw, siapa yang hafal film animasi bis kecil ini tayang di stasiun televisi apa?? Seperti halnya Baby Shark , animasi Tayo si bis kecil ini menjadi tontonan yang asik bersama keluarga. Dalam hal ini, saya pribadi suka menontonnya bersama adik bontot yang duduk dibangku kelas dua SD. Tayo the Little Bus punya 4 tokoh utama yaitu Tayo yang memiliki warna biru, Rogi dengan warna hijaunya, Lani warna kuning dan Gani berwarna merah. Setiap tokoh memiliki karakter yang berbeda dan menggemaskan. Misalnya saja Rogi y

Mampukah Lamun (Seagrass) Hidup di Air Tawar?

Lamun merupakan tumbuhan berbiji tertutup ( Angiosperm ). Tumbuhan yang juga termasuk Anthophyta (tumbuhan berbunga) ini memiliki struktur morfologi berupa daun, batang yang terbenam (rimpang/ rhizome ), akar, bunga, buah dan biji. Lamun sangat unik karena cukup toleran pada habitat dengan kadar salinitas yang relatif tinggi. Ada beberapa faktor yang menyebabkan lamun berhasil beradaptasi di lingkungan bahari, yaitu: 1) Mampu hidup di media air asin; 2) Mampu berfungsi normal dalam keadaan terbenam; 3) Mempunyai sistem perakaran yang baik, dan 4) Mampu melaksanakan daur generatif dalam keadaan terbenam (Hartog 1977 dalam Hutomo 1986). Kemampuan toleransi lamun terhadap kadar salinitas berbeda-beda, tapi sebagian besar berkisar antara 10-40 per mil. Nilai salinitas optimum untuk spesies lamun adalah 35 per mil (Dahuri 2003 dalam Ghufran 2011). Sejarah Istilah Lamun Di Indonesia, seagrass kerap dikenal dengan istilah lamun. Padanan kata lamun ini pertama kali dikenalkan ke